Doc. Foto

Wednesday 15 March 2023

Jadilah Blogger Mania

 


Judul                : Jadilah Blogger Mania

Resume Ke      : 29

Gelombang      : 28

Tanggal            : 15  Maret  2023

Tema                : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber     : Bambang Purwanto, S.Kom. Gr.

Moderator        : Gina Dwi Septiani, S.Pd. M.Pd

Assalamu'alikum, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, salawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di akhirat kelak. Aamiin. Pada pertemuan yang menjelang akhir dari KBMN 28 ini mengajak kita untuk merefleksi diri siswa dikelas melalui penilaian secara online dengan narasumber Om Bambang Purwanto, S.Kom. Gr yang di moderatori mbak Gina Dwi Septiani, S.Pd. M.Pd.

Seperti biasa pertemuan ini  kita akan bagi  dalam 4 sesi

1. Pembukaan

2. Paparan materi melalu chat WA grup

3. Tanya jawab

4. Penutup

https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto_ web inilah CV/jejak dari Mr. Bams. yang sangat luar biasa prestasi yang sudah ditorehkan di dunia pendidikan semoga ilmunya bermanfaat untuk kita semua.

 webblog yang di kelola Mr Bams, alhamdulillah sudah mendapatkan google adsense, walau belum bisa dicairkan karena belum memenuhi ketentuan yang berlaku. Batasnya adalah Rp. 1.300.000, sudah dua tahun belum sampai juga, tapi memang tujuannya bukan mencari cuan. Punya web ini salah satu cara :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Refleksi Diri

Bagi saya sebagai guru refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangatlah penting. Murid setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) mengisi form yang sudah dibuatkan, Pertanyaan yang harus dijawab murid adalah :

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, maka jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun, Ajaklah murid kita menulis, hubungkan dengan mata pelajaran yang kita ampu. Manfaatkan blog untuk media pembelajaran juga. "Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."(Armin Martajasa) .

Demikian yang dapat saya resume semoga bermanfaat. Aamiin

Wassalamu'alaikum,

                                                                                                    salam manis buat pembaca.











No comments:

Post a Comment