Doc. Foto

Friday 10 February 2023

Buku Yang Tersistem

 


Judul                : Buku Yang Tersistem

Resume Ke      : 15

Gelombang      : 28

Tanggal            : 10 Februari  2023

Tema                : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber     : Yulius Roma Pantadean, S.Pd

Moderator        : Arofiah Afifi, S.Pd.

Assalaamu'alaikum, sobat pembaca yang budiman tak terasa kita memasuki KBMN yang ke 15, sungguh tantangan yang begitu berat tapi apa boleh buat seberat apapun tetap kita lalui dan tak lupa segala puji dan syukur mari kita selalu ucapkan Alhamdulillah, hanya dengan kekuatan Allah SWT kita dapat bergerak serta tak lupa salawat dan salam selalu tercurahlan kepada junjungan Nabi kita Nabi Muhammad SAW, semoga syafaatnya mengiringi dalam kehidupan kita ini. Aamiin

Pada malam hari ini KBMN yang ke 15 akan menampilkan Narsum yaitu Yulis Roma Pantadean, S, Pd dan dimoderatori oelh Arofiah Afifi, S.Pd. ( mbak OVI ). Untuk lebih lanjut CV narsum kita sebagai berikut:

Bapak Yulius Roma Patandean, S.PD

Adalah   sebagai penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi.

Narasumber kita ini  lahir di Salubarani, Tana Toraja, 6 Juli 1984. ( waah masih muda ya)

Ia menyelesaikan jenjang  S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007). 

 melanjutkan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja, beliau merupakan guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja sejak tahun 2015. pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah guru berprestasi jenjang SMA Kabupaten Tana Toraja tahun 2016, pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017, meraih dua medali emas dan tiga medali perunggu pada ajang Gurulympics PGRI tahun 2020, untuk lebih jelasnya bisa buka profilnya di : https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html

Sebelum kita mulai kelas , seperti biasa kelas dibagi 4 

Sesi.

1. Sesi  pembukaan  dari moderator 

2. Sesi paparan materi

3. Sesi tanya jawab

4. Dan terakhir sesi penutup.

Materi kita kali ini bertema 

"Langkah menyusun buku secara sistematis" hal ini berkaitan dengan  niat mulia kita yang ingin  menerbitkan buku.

Sebelum membahas tentang langkah menyusun buku. 

Apa sih pentingnya kita menulis buku ? Apa mamfaatnya ya ? Nah saya merangkum manfaat dari menulis buku: Yaitu Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat, artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri, sebagai personal branding, sehingga memberi motivasi diri untuk lebih berkarya, juga memberi manfaat kepada orang banyak, sebagai bukti sejarah bawa kita pernah hidup di dunia ini, sehingga kita akan semakin sungguh-sungguh dengan membuat dan menyusun buku secara sistematis.

Diawali dari salam sapa dan menyampaikan kisah dengan Om Jay sebagai Founder di KBMN ini yang baru saja bertemu pada minggu yang lalu dan menulis beberapa kutipan seperti berikut :

#Menulis adalah sesuatu yang unik ketika baru dimulai apalagi kalau belum terbiasa. Nah, sama seperti saya dulu, saya masih bingung mau melakukan apa saat itu.

#Ternyata menulis adalah sesuatu yang membuat ketagihan layaknya kripik singkong yang diberikan Omjay ke saya tempo hari. Jika senantiasa dikunyah akan selalu dirindukan pula. Demikian halnya dengan menulis.

#Menulis harus dibiasakan setiap hari, seperti slogan Omjay yang sudah familiar bagi kita.

#Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, dirasakan, dibayangkan dan bahkan dialami bisa dituliskan. Jika khawatir ide di kepala mudah hilang, mari tuliskan ide melalui blog. Selain menulis di blog pribadi, saya juga kembali menulis di blog Kompasiana.

Hasil yang diperoleh adalah karya berikut ini :


Buku ini adalah tantangan ketika bertemu dengan Prof. Richardus Eko Indrajit. Dalam materinya, beliau menantang peserta untuk menulis dalam waktu satu minggu.

ini juga karya yang telah dihasilkan dalam satu minggu.....hebat dan keren.....penuh inspirasi buat kita semua.
#Saya (penulis) menggunakan versi gratis tanpa aplikasi tambahan yang ada pada Ms Word. Nah, terkait dengan tema malam ini Menulis Buku Secara Sistematis pengalaman itu yang akan saya bagikan, #Sebenarnya, ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada Zotero dan Mendeley yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dan saya meyakini teman-teman guru hebat yang ada di grup ini sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut, #Bagi yang penasaran, ini dia tutorial sederhana saya tentang cara membuat tulisan naskah buku sistematis: 
1. Cara memasukan daftar isi, Kutipan, indeks, dan daftar pustakan secara otomatis, bisa dilihat di link berikut ini : https://youtu.be/eePQwyHAcjw 
2. Membuat indeks pada tulisan, buka tautan ini : https://youtu.be/mS8bfNZT-rA
3. Cara membuat judul dan sub judul tulisan pada naskah judul secara otomatis, bisa buka tautan : https://youtu.be/jXPr59aWJSc

#Jika masih ragu-ragu, maka COBAlah. Menulis, menyusun dan mengedit naskah buku tidak bisa menjadi ala bisa karena biasa semata tanpa ada per COBA an. Dengan mencoba, maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya. Ada pahit, manis, asam, asin, kecewa dan bahagia kala mencoba. 
Percobaan mendorong teman-teman untuk berbuat lebih untuk menjawab rasa penasaran. Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan? Jika hendak melanjutkan, maka LAKUKAN dengan segera. Praktekkan sekaligus, biarkan mengalir bersama jari-jari mungil teman-teman. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan saya tulis, susun dan terbitkan.

#Ketika Menulis harus menjadi sebuah budaya. Maka, BUDAYAKAN!  bersama dengan praktek menyusun dan mengedit naskah. Menghasilkan sebuah karya tulisan sederhana tidak bisa tercapai dengan maksimal jika didorong oleh paksaan. Membudayakan menulis adalah proses menuju karya.
#KONSISTEN adalah langkah pamungkas dalam teori menulis, menyusun dan mengedit naskah yang selama ini saya lakukan. Budaya menulis yang baik adalah ketika kita menjadi konsisten dalam mempraktekkannya.

Demikian yang dipaprkan dari narsum dan selanjutnya di buka sesi pertanyaan :
1. P1

Izin tanya: milma dari Bengkulu.

Bagaimana Menemukan ebook gratis yang bisa dimasukkan ke mendeley?
Dan jika  Doi dari jurnal terkunci...bisakah membukanya dg gratis ?
Mohon tipsnya pak Roma.
Jwb: Caranya sangat gampang bu. Masuk ke pdfdrive. Di sana ada ribuan bahkan jutaan buku-buku online dengan versi Gratis untuk kita gunakan. Pdfdrive adalah perpustakaan portable saya. Ini linknya: https://www.pdfdrive.com/

P2: Assalamualaikum, nama saya Dewi Indria dari Kalteng. ijin bertanya apakah sistematika penulisan ini berlaku untuk penulisan non fiksi atau juga karya fiksi? Kalau memang untuk keduanya, sistematika penulisan yang benar utk buku fiksi seperti apa? Terimakasih
Jawab : Waalaikum salam bu Dewi Indria, kebetulan saya sudah menulis buku fiksi dan non fiksi. Metode di Ms Word itu yang saya gunakan. Langkah-langkahnya sama. Yang membedakan adalah pengisian Indeks dan Daftar Pustakanya.

P3. Latifah jakarta 

Pak Roma. Saat ini saya menulis menggunakan gawai alias hp.

Karma masih baru dan tidak menemukan fitur selengkap leptop

Kiranya ada saran aplikasi untuk membantu saya menulis buku dari hp dan gratis 

Jawab : Hi, ibu Latifah. Aplikasi menulis paling populer di android adalah Wattpadd. Ibu bisa mencobanya. Atau bisa juga mencoba Gramedia Writing Project, Writer Tools, Writer Plus, Novelist, dll, silahkan dicoba bu. hehehe, atau simpan tulisan ibu di blog Kompasiana saja bu...saya biasa ngetik tulisan di HP dan publish di Kompasiana...hehehhe #bukanKampanye.

P4.

Evridus Mangung  Jika buku kita adalah kumpulan artikel yang ditulis di blog dari hasil resume KBMN gel 28.. bagaimana menyusun judul dan babnya. sementara setiap pertemuan dibahas masing-masing tema yang berbeda.

Jawab #P4 

Hello pak Evridus Mangung. Langsung praktekkan saja pak di Ms Word berikan judul sesuai judul materi tiap pertemuan. Tinggal mengurutkan yang sama atau mirip topiknya. Sehingga naskah bukunya menjadi buku solo bentuk Bunga Rampai.

Salam jumpa pak Imro'atus Sholihah

Ya..Mendeley itu aplikasi. cara kerjanya mirip dengan Ms Word. Silahkan coba di sini. https://www.mendeley.com/. Download untuk versi desktop dan ikuti petunjuk installya. Hal yang sama terjadi untuk aplikasi Zotero, https://www.zotero.org/

Demikian resume yang dapat saya tulis, walau tak seindah dari yang lain tapi bermakna bagiku di blog ini dan yang terpenting bisa memunculkan buku yang tersistem. . Semoga bermanfaat.

Wassalaamu'alaikum,

                                                                                                            Salam manis








7 comments:

  1. Menurut saya prolog kepanjangan, begitu juga dengan tanya jawabnya, hingga judulnya sulit saya cari, padahal saya mau niru.
    Maaf, jika kurang berkenan.
    By. Kang Khasan.

    ReplyDelete
  2. mksh ka' moch syaechu....betul...belu bisa fokus mana yang sesuai judul....

    ReplyDelete