Doc. Foto

Monday 30 January 2023

Cerita Fiksi Menggapai Mimpi

 


Judul                : Cerita Fiksi Menggapai Mimpi

Resume Ke      : 10

Gelombang      : 28

Tanggal            : 30 Januari 2023

Tema                : Kiat Menulis Cerita Fiksi

Narasumber     : Sudomo, S.Pt

Moderator        : Bambang Purwanto, S.Kom. Gr


Assalaamu'alaikum, salam buat pembaca yang budiman, malam ini sudah masuk resume KBMN ke 10 yang akan di narasumberi tokoh yang tak asing lagi yaitu Sudomo, S.Pt.  sebelumnya narasumber memperkenalkan diri di sumber yang bisa kita baca : https://s.id/ProfilSudomoSPt, marilah kita simak bersama dengan harapan semoga bisa mengikuti dengan baik. Mari kita simak materi malam ini ;

"KIAT MENULIS CERITA FIKSI", bersama Mazmo.

Dimulai dengan menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata.

1 | Mulai dari Diri, banyak kiriman pertanyaan begitu sulitnya memulai cerita dalam menulis fiksi walaupun dia sebagai guru yang mengajarkan hal tersebut dan semakin beraneka ragam kesulitan untuk memulai menulis karya fiksi.

2 | Eksplorasi Konsep. Pada alur ini, Bapak/Ibu saya persilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah saya siapkan dalam bentuk cerita pendek. Bapak/Ibu bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Silakan membaca di tautan ini https://s.id/MateriSudomo , Garis besar materi dari cerpen tersebut adalah alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, syarat bisa menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi, dan tips menulia cerita fiksi. Kemudian ditambahkan oleh Mazmo kaidah tambahan tentang menulis fiksi diantaranya :

        A) fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn. Ernest Hemingway.

        B) flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.

Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat, Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia, Itu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.

3 | Ruang Kolaborasi.

4 | Demonstrasi Kontekstual.

5 | Elaborasi Pemahaman.

pertanyaan selanjutnya dari bu imroatus sholihah jombang ( jatim ): Bagaimana kiat mudah membangun alur atau plot cerita fiksi? 

jawaban mazmo : 1. Tentukan dulu jenis alur/plot yang ingin digunakan;

                                2. Memahami unsur-unsur alur/plot yang meliputi Pengenalan cerita, Awal  konflik, Menuju konflik, Konflik memuncak/klimaks, Penyelesaian/ending.


Syarat premis memenuhi unsur-unsur, yaitu tokoh, tujuan tokoh, tantangan, dan resolusi. Premis adalah garis besar cerita yang akan tulis.

6 | Koneksi Antarmateri. 

7 | Aksi Nyata. pemateri mengharapkan peserta untuk membuat resume pertemuan yang ke 10 di blog masing-masing.

Demikian materi yang saya ikuti semoga menambah wawasan bagi kita semua. Aamiin


Wassalaamu'alaikum

                                                                                                        salam manis











4 comments: