Doc. Foto

Friday 20 January 2023

 




Judul                : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Resume Ke      : 6

Gelombang      : 28

Tanggal            : 20 Januari 2023

Tema                : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Narasumber     : Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A.

Moderator        : Aam Nurhasanah, S.Pd

Assalaamu'alaikum sobat semua, resume ke 6 ini menampilkan sosok penulis yang spektakuler dan bisa dibuka nama dan gelarnya di laman : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Richardus_Eko_Indrajit

Dimulai dari percakapan antara narsum and moderaror yang mengungkapkan : Kali ini saya ingin sharing pengalaman menjadi penulis dari buku mayor, yaitu karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Prof melanjutkan pembicaraan : Hingga saat ini, saya menghitung telah menulis kurang lebh 121 buku mayor semenjak saya selesai kuliah, Kalau artikel, saya sudah menulis kurang lebih 623 artikel, dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, Saya senang menulis semenjak Sekolah Dasar. Namun tulisan pertama saya baru diterbitkan majalah ketika saya duduk di bangku SMP, Alasan saya senang menulis adalah karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain, Saya merasa bahwa semakin saya banyak membaca buku dan menonton televisi (dulu belum ada internet), semakin tinggi keinginan saya untuk menulis, Hal lain yang membuat motivasi menulis lebih besar adalah karena banyaknya SMS (dulu belum ada WA) yang masuk ke nomor hp saya mengucapkan terima kasih atas buku yang saya buat. Tentu saja hal tersebut membesarkan hati dan saya merasa hidup saya berguna untuk orang lain. Begitulah pentingnya menulis nomor handphone di setiap buku yang saya tulis, Ketika tanggal 16 Maret 2020 semua guru dan siswa harus belajar dari rumah, saya memutuskan untuk menjadi youtuber, Setiap hari saya membuat satu youtube, yang isinya hal-hal berkaitan dengan PJJ (karena sedang menjadi pembicaraan nasional), Saya membuat youtube dengan judul aneh-aneh, seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data, dan lain sebagainya.

Target Prof dalam pertemuan untuk angkatan ini adalah buku-buku sudah masuk ke penerbit. untuk dikurasi SEBELUM Idul Fitri. Ada yang berminat? Silahkan bu Aam mulai menanyakan kepada teman-teman tercinta. wah...ide bagus, sayangnya saya sendiri belum siap menulis apa yang menjadi impian Prof. berat juga yah....

Lebih lanjut Prof mengajukan judul yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat sekolah yang diantaranya :

Classroom Design and Management

Community Based Learning

Computer-Based Assessment

Competency-Based Learning

Computer-Adaptive Assessment

The 21st Century Learning Skills

Beliau berpesan :Tidak perlu berfikir panjang-panjang dulu. Mulai dari satu hal yang sederhana. Jangan menuliskan sesuatu yang kita tidak mengerti dan tidak ada sumber referensinya.

Demikian resume pertemuan ini yang pada pokok intinya ditawarkan untuk ikut group menulis Januari berseri di group moderator mabk Aam Nurhasanah, S.Pd.

semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum warohmatullahi Wabarokatuh.









No comments:

Post a Comment